Tinggalkan komentar

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membeli VGA Card

Pada sebuah unit Personal Computer(PC) ada 3 komponen yang sangat berperan dalam hal kinerja grafis. Diantaranya Processor,RAM,VGA.

Nah di sesi kedua rubrik hardware ini kamu akan di bawa untuk mengenali istilah dalam VGA Card agar tidak salah jika kamu memang hendak membeli VGA.

Architecture GPU/VPU

Adalah kode dari GPU/VPU yang digunakan pada video card yang bersangkutan. VPU (Visual Processing Unit) istilah yang sering digunakan oleh ATi, sedangkan nVIDIA menyebutnya sebagai GPU (Graphics Processing Unit).

DirectX Support

DirectX adalah sebuah perintah pemrograman API (Application Program Interface) yang digunakan oleh Microsoft. Ini akan (sedikit) mempermudah pekerjaan game developer. Sekaligus memperkecil permasalahan kompatibilitas hardware pada operating system yang bersangkutan.

Bus Interface

Sejak kedatangan PCIe x16 pada tahun 2004 yang lalu, keberadaan AGP memang sudah mulai terancam. Awalnya bandwidth data PCIe x16 dengan 4GB/s yang jika dibandingkan 2,1 GB/s pada AGP 8x menjadi alasan utama.

Pixel and Vertex Shader

Vertex shader dan pixel shader bersama-sama bekerja dalam proses rendering untuk menghasilkan pixel hasil tampilan akhir. Biasanya bekerja pada saat menampilkan objek tiga dimensi. Baik Direct3D, OpenGL, ataupun API 3D scene yang lain dapat memanfaatkan keduanya.

Versi pada pixel shader maupun vertex shader selalu berkembang. Disesuaikan dengan perintah khusus yang dapat berjalan pada API terbaru.

Biasanya teknologi pixel/vertex shader ini dibutuhkan oleh game 3D saat ini untuk memanjakan kualitas tampilan game tersebut.

Pipelines

GPU mengerjakan instruksi untuk tekstur, transformation (transperancy, deformation, reflections, dan seterusnya) menjadi hasil akhir pixel yang muncul pada display. Sebuah urutan perintah dikerjakan dalam satu pipeline. GPU terkini memiliki multi pipeline yang memungkinkan mengerjakannya secara paralel. Tentunya akan memperpendek waktu proses. Secara garis besar, makin banyak pipeline, semakin bagus kemampuannya dalam me-render.

Memory

Jumlah memory juga akan mempengaruhi resolusi maksimal yang mampu dilakukan. Kebanyakan kelas mainstream akan berkisar hingga kapasitas 128 MB. Jumlah akan sangat mempengaruhi kedalaman warna dan resolusi yang mampu ditampilkan.

Jenis RAM yang banyak digunakan adalah DDR, DDR II, dan GDDR. DDR II dan GDDR akan mampu menghasilkan clock memory yang lebih cepat dibanding DDR.Semakin besar lebar data (memory bus width) yang dimungkinkan untuk komunikasi antara core dan memory, semakin cepat data yang mampu diproses sebuah VGA card.

Clock Speed

Ada dua clock speed yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah core clock dan kedua adalah memory clock.

Sebaiknya saat membandingkan clock VGA card, bandingkan dari produsen chipset graphic adapter yang sama. ATi dengan ATi, dan GeForce dengan GeForce.

Istilah diatas adalah istilah yang biasa disebut sebagai spesifikasi VGA card.Semakin tinggi nilai dari Clock Speed, Memory, Pipelines dan Pixel Shader nya semakin bagus pula kinerjanya (tapi harga berbanding lurus juga).

Jadi mulai sekarang kamu bisa memprediksi VGA mana yang harus kamu beli sesuai kebutuhan dan keuanganmu dengan melihat fungsionalitasnya.

Selain itu perhatikan juga :

1. tentukan KEBUTUHAN.

Dengan mengetahui apa yang kita butuhkan tentunya kita tdk salah pilih dan lbh mempersempit pilihan. kalau buat multimedia n game ringan, vga terbaru kelas low end pun sudah mencukupi. Buat yang ngaku gamer, perhatikan ukuran layar n resolusi layarnya. Semakin tinggi resolusi layar buat ngegame, menuntut vga yang lebih powerfull.

2.Perhatikan juga prosesor yang dipakai, sebagai pedoman, vga high end memerlukan prosesor yang memiliki performa yang hebat untuk mengoptimalkan kinerjanya. Perhatikan juga chipset motherboard, jika anda membutuhkan multi GPU crossfire/SLI. SLI sampai saat ini hanya didukung oleh chipset keluaran nvidia saja (baca: nforce), sedangkan crossfire didukung oleh chipset mainstream-high keluaran intel dan AMD.

3. tentukan BUDGET.

Kita jgharus membatasi budget maksimal untuk membeli vga, karena mungkin anda membeli vga super mahal tanpa memperhatikan poin pertama, kebutuhan. Mungkin anda membeli vga sekelas radeon HD4870 atau GTX260 padahal kebutuhan anda untuk memainkan game ringan? Itu dapat disebut pemborosan.

4.tentukan tipe yg digunakan. Setelah anda menentukan 3 poin diatas,kita dapat menentukan tipe vga yang digunakan, contoh, anda seorang gamer dengan budget maksimal 1.2 jutaan,kita dapat mencari referensi harga vga dan tipe apa saja yang sesuai budget anda,setelah itu kita dapat membandingkan kinerja berbagai tipe vga di situs review di majalah atau internet, dan anda menjatuhkan pilihan pada radeon HD4850 misalnya.

5. tentukan merk.

Dalam memilih merk vga, yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi core clock dan memory, design board dan pendingin dan perlengkapan yg ada pada merk itu

6. Garansi

Juga menjadi pertimbangan dlm menentukan VGA.Garansi merupakan pertimbangkan yg tdk kalah pentingnya dg poin2 di atas.

Perlu di ingat apapun peripheral komputer merupakan barang2 elektronik yg bs saja terjadi cacat produksi, bisa saja barang yg kita beli termasuk yg cacat produksi.

 

Mohon tinggalkan komentar demi kebaikan bersama.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s