Tinggalkan komentar

BAN

FUNGSI BAN

Ban berfungsi untuk :
􀁺 Menopang seluruh berat kendaraan.
􀁺 Ban bersentuhan langsung dengan jalan dan memindahkan gerakan dan daya pengereman.
􀁺 Menyerap kejutan yang diterima dari permukaan jalan yang tidak rata.-

KONSTRUKSI BAN

TIPE BAN
􀁣 Ban Bias
Carcass untuk ban bias (bias-ply tire) disusun dari lapisan benang benang yang membentuk sudut 30° – 40° terhadap garis tengah ban.

Ban bias menghasilkan jalannya kendaraan lebih lembut, tetapi kemampuan belok dan ketahanan membelok dan ketahanan ausnya berkurang bila dibandingkan dengan ban radial.

􀁤 Ban Radial
Carcass ban radial terdiri dari lapisan benang-benang yang tegak lurus terhadap garis tengah ban.


Konstruksi seperti ini sangat fleksibel pada arah radial, tetapi kurang tahan terhadap beban memanjang oleh karena dilengkapi oleh belt (rigid breaker) yang terbuat dari benang textil kuat atau kawat yang dibalut karet.
Ban radial menghasilkan jalannya kendaraan kurang nyaman saat berjalan di jalan yang tidak rata dengan kecepatan rendah, tetapi kemampuan belok dan ketahanan membelok dan ketahanan ausnya lebih baik bila dibandingkan dengan ban bias.

􀁥 Ban Biasa dengan Ban Dalam
Ban biasa di dalamnya terdapat ban dalam untuk menampung udara yang dipompakan ke dalam ban.

Katup atau pentil (air valve) menjadi satu dengan ban dalam. Ban biasa akan langsung kempes bila tertusuk benda tajam.

􀁦 Ban Tubeless

Ban tubeless (ban tanpa ban dalam) tekanan udaranya hanya ditahan oleh inner liner (lapisan karet kedap udara).Air valve terpasang pada pelek.

Ban radial tidak akan langsung kempes bila tertusuk benda tajam.

SISTEM KODE SPESIFIKASI BAN
Sistem kode spesifikasi ban terdapat pada side wall.

1. Lebar ban dalam inchi (ban bias) atau mm (ban radial).
2. Kecepatan maksimum yang diijinkan.
3. Diameter pelek dalam inchi.
4. Banyaknya ply rating (lapisan benang katun) yang juga menentukan kapasitas maksimum membawa beban.
5. Aspect ratio (tinggi/lebar ban) dalam persen.
6. Ban radial.
7. Kapasitas mengangkut beban (load index).

Kode Kecepatan Maksimum yang Diizinkan

Mohon tinggalkan komentar demi kebaikan bersama.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s