Tinggalkan komentar

Persyaratan Ban

Ban merupakan bagian penting dari kendaraan untuk transmisi gaya-gaya longitudinal, lateral dan vertikal antara kendaraan dengan jalan. Ban sedapat mungkin memiliki sifat-sifat yang tetap sehingga dapat diperkirakan oleh pengemudi. Seperti halnya sifat transmisi gaya statis dan dinamis ban, persyaratan-persyaratan berikut- tergantung pada maksud penggunaan kendaraan- juga harus dipenuhi.
Sebagaimana ban sangat berpengaruh pada sifat-sifat penanganan kendaraan, sifat asal ban ditentukan oleh produsen kendaraan yang berhubungan dengan produsen ban. Biasanya, ban cadangan berbeda dari ban aslinya, meskipun tujuannya sama, sehingga karakteristik penanganannya dapat berubah. Produsen kendaraan dengan demikian memutuskan untuk mengidentifikasi ban yang dibuat yang sesuai dengan spesifikasi melalui simbol pada sisi dinding ban atau menjual ban yang sesuai dengan spesifikasi ban asli pada cabang-cabang produsen.

Kemudahan penggantian
Semua ban dan rim distandarisasi untuk memudahkan penggantian, untuk menjamin kemungkinan penggunaan ban dari produsen yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama pada satu kendaraan dan untuk membatasi variasi tipe ban di seluruh dunia.
Di eropa, standarisasi dilakukan oleh European Tyre dan Rim Technical Orgnization atau ETRTO, yang menentukan sebagai berikut:
• dimensi ban dan rim;
• kode untuk jenis ban dan ukuran;
• indeks beban dan simbol kecepatan.
Ban untuk kendaraan penumpang diatur oleh UNO peraturan ECE-R 30, kendaraan niaga oleh R 54, roda cadangan oleh R 64, dan persetujuan tipe ban pada kendaraan oleh EC yaitu 92/23/EC.
Di USA, Departemen of Transportasi (DOT) bertanggung jawab pada standar keamanan. Standar yang relevan sebagai berikut:
Standard 109 kendaraan penumpang
Standard 119 kendaraan motor atau kendaraan penumpang lainnya.
Asosiasi ban dan Rim, atau TRA, bertanggung jawab untuk standarisasi.
Di Australia, informasi yang dijilid diterbitkan oleh Federal Office of Road Safety, Australian Motor Vehicle Certification Board.
ARD 23 Australian Design Rule 23/01:
Ban kendaraan penumpang
Di Jerman standar DIN (Deutsches Institut fur Normung) dan panduan WdK (Wirtschaftsverband der Deutschen Kautschukindustrie Postfach 900360, D-60443, Frankfurt am Main) bertanggung jawab untuk menentukan data ban. Semua badan mengenal publikasi dari kedua organisasi tersebut.
Pada tingkat internasional, ISO (International Organization for Standardization) juga bekerja di bidang standarisasi ban dan diterjemahkan dalam berbagai bahasa.

Persyaratan untuk kendaraan penumpang
Persyaratan-persyaratan ban untuk kendaran penumpang dan kendaraan niaga ringan dapat dibagi menjadi enam bagian sebagai berikut:
• keamanan mengemudi (driving safety)
• penanganan (handling)
• kenyamanan (comfort)
• umur layanan (service life)
• ekonomi (economy)
• kesesuaian dengan lingkungan (environmental compatibility)
Untuk meyakinkan keamanan berkendaraan sangatlah penting ban terpasang pada rim dengan baik. Hal ini dapat dicapai dengan desain ban khusus (kaki ban) dan rim yang aman, yang merupakan rim yang digunakan dewasa ini. Ban tidak hanya harus melekat dengan baik pada rim, namun juga harus dilindungi sehingga kedap udara; pada ban tubeless hal ini merupakan fungsi pada garis bagian dalam ban. Tugasnya adalah untuk mencegah keluarnya udara dari ban sehingga tekanannya tidak hilang. Namun demikian, tekanan tersebut berkurang sekitar 25-30 % per tahun, yang juga menunjukkan pentingnya memeriksa tekanan ban secara teratur.
Untuk menjamin keamanan mengemudi, tujuannya juga untuk menjamin bahwa ban tidak sensitif terhadap beban berlebih dan sedapat mungkin anti bocor dan memiliki sifat berputar darurat yang memungkinkan pengemudi untuk membawa kendaran secara aman ke perhentian saat ban rusak.

Karakteristik penangaan meliputi:
• koefisien gesek yang tinggi pada semua kondisi kerja
• pembangunan gaya lateral yang tunak tanpa perubahan mendadak
• stabilitas membelok yang baik
• memiliki tanggapan yang langsung dan cepat terhadap gerakan kemudi
• menjamin kebutuhan yang menunjang kecepatan maksimum
• fluktuasi beban roda rendah

Karakteristik kenyaman berkendaraan meliputi:
• sifat peredaman yang baik
• kelembutan yang tinggi sebagai akibat dari ban radial dan ketidakseimbangan
• usaha untuk steering yang kecil saat parkir dan berjalan
• ganguan suara yang rendah

Ketahanan pakai meliputi:
• lama pemakaian
• stabilitas saat kecepatan tinggi

Kedua karakteristik ini diuji pada uji drum dan jalan.

Efisiensi ekonomi ditentukan sebagai berikut:
• harga beli
• jarak mil (termasuk kemungkinan pengaluran kembali pada ban lorry)
• pemakaian
• tahanan mengguling
• volume yang diperlukan. Yang menentukan
• besar ruang yang diperlukan pada rumah roda dan roda cadangan
• laju pembebanan.

Kesesuaian dengan lingkungan:
• kebisingan ban
• bahan baku dan konsumsi energi selama produksi dan pembuangan
• kemungkinan untuk dicetak kembali
pentingnya dari:
• desain ban, desain profile dan perbandingan radius-lebar juga tidak boleh diabaikan.

Persyaratan untuk kendaraan niaga
Pada prinsipnya, persyaratan yang diperlukan untuk kendaraan niaga seperti pada kendaraan penumpang, namun prioritas untuk kelompok individual berubah. Setelah keamanan, ekonomi merupakan pertimbangan utama untuk ban kendaraan niaga. Sifat-sifat yang diinginkan sebagai berikut:
• jarak mil yang tinggi dan pola pemakaian yang rata
• tahanan mengguling yang rendah
• traksi yang bagus
• berat ban rendah
• kemampuan untuk digandeng
• kemungkinan untuk dicetak kembali/dialurkembali.
Dibandingkan dengan ban pada kendaraan penumpang, tahanan mengguling ban kendaraan niaga memiliki pengaruh pada konsumsi bahan bakar (20-30 %) dan ini merupakan hal yang penting.

Mohon tinggalkan komentar demi kebaikan bersama.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s